ANALISIS JABATAN (JOB ANALYSIS) 2

Mengapa analisis jabatan perlu dilakukan oleh perusahaan atau unit SDM:

  1. Penyediaan man power/staf (rekrutment)
  2. Optimalisasi pelatihan dan pengembangan
  3. Penilaian performance/kinerja
  4. Kompensasi
  5. Keselamatan dan kesehatan kerja
  6. Hubungan industrial
  7. Pertimbangan legalitas

Analisis jabatan (job analysis) berujuan untuk menjabarkan lebih rinci peran dan tanggung jawab jabatan di organisasi. Keluaran dari job analysis ini berupa dokumen job description untuk masing-masing jabatan yang ada di organisasi.

Job description umumnya tersusun atas sejumlah komponen yang menjelaskan peran dan tanggung jawab untuk setiap jabatan yang ada di organisasi:

  1. Identifikasi jabatan - Menjabarkan jabatan secara singkat, selalu terdapat pada setiap awalan dokumen.
  2. Ringkasan jabatan - Pernyataan dalam kalimat singkat, jelas, dan akurat mengenai definisi dan peran utama jabatan.
  3. Interaksi hubungan kerja - Menggambarrkan interaksi jabatan dengan pihak internal maupun eksternal yang mempengaruhi maupun dipengaruhi.
  4. Tugas dan tanggung jawab - Menjabarkan ruang lingkup tanggung jawab yang ada pada suatu jabatan yang lalu diurut nomornya berdasarkan urutan kepentingannya.
  5. Wewenang - Mendeskripsikan otoritas yang dimiliki oleh jabatan bersangkutan, dalam rangka pengambilan keputusan yang tidak membutuhkan konsultasi ataupun persetujuan dari atasan.
  6. Persyaratan minimum - Menjelaskan pendidikan, pengalaman, dan pengetahuan khusus yang dibutuhkan untuk menduduki suatu jabatan.

Kompetensi utama - Menginventasrisasi kompetensi yang harus dimiliki oleh pemegang jabatan untuk menjalankan perannya secara efektif dan efisien.

Tahapan dalam analisis jabatan:

  1. Persiapan - Pembentukan tim, CP atau penunjukkan partner;
  2. Pengumpulan data - Observasi, wawancara, kuisioner, logs, dll.;
  3. FGD I - Diskusi antartim (SDM dan unit kerja);
  4. Draft -  Penyususn draft awal job description;
  5. FGD II -  Diskusi tim dengan pimpinan atau menagement, second opinion, Benchmark;
  6. Finalisasi -  FInal job description;
  7. Pengesahan -  Tanda tangan, distribusi, sosialisasi. 
Identifikasi Jabatan:


Ringkasan Jabatan:


Ringkasan Pekerjaan:
Ringkasan Pekerjaan:


Acuan Penyusunan Ringkasan Pekerjaan:
Interaksi Hubungan Kerja:

Interaksi Hubungan Kerja:

Tugas dan Tanggung Jawab:

Tugas dan Tanggung Jawab:

Wewenang:

Wewenang:

Persyaratan Minimum:



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung:

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.