Disampaikan oleh Bapak Dr. Bagus Hary Prakoso, M. A. dalam kegiatan webinar Kupas Tuntas Soal HOTS untuk Guru-Guru Tarakanita Indonesua Jumat, 19 Mei 2023
Dalam webinar kali ini pokok bahasan adalah terkait komponen literasi pada soal HOTS dan AKM. Adapun pokok-pokok informasi yang disampaikan dalam webinar tersebut adalah sebagai berikut.
Komponen Literasi:
- Konten: Teks informasi dan teks sastra/fiksi
- Proses kognitif: Menemukan informasi; Interpretasi dan Integrasi; Evaluasi dan Refleksi.
- Konteks: Personal, sosial budaya, dan saintifik
Proses Kognitif Literasi:
- Menemukan informasi: Mencari, mengakses dan menemukan informasi tersurat dari wacana.
- Interpretasi dan Integrasi: Memahami informasi tersurat dan tersirat, memadukan interpretasi antar bagian teks untuk menghasilkan inferensi.
- Evaluasi dan Refleksi: Menilai kredibilitas, kesesuaian maupun keterpercayaan teks dan mampu mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks.
Soal yang bapak/ibu guru susun termasuk dalam kategori HOTS apabilah memenuhi Karakteristik Soal HOTS sebagai berikut:
- Ada stimulus berupa wacana, ilustrasi, gambar, tabel, grafik, infografik, dll. yang menarik dan kontekstual.
- Pertanyaan yang diberikan menuntut proses berpikir secara kritis, logis, metakognisi, dan kreatif.
- Tetap berlaku kaidah-kaidah penulisan soal pilihan ganda/uraian/isian.
Untuk mengetahui apakah soal yang bapak/ibu guru buat HOTS atau tidak, dapat dipastikan kembali dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
- Transfer satu konsep ke konsep lainnya?
- Memproses dan menerapkan informasi?
- Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda?
- Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah?
- Menelaah ide dan informasi secara kritis?
Dalam proses menyusun soal HOTS atau AKM Literasi, bapak/ibu guru dapat mengembangkan pertanyaan-pertanyaan berikut.
ANALISIS (Analyzing):
- Bagaimana dengan ... mirip dengan apa/siapa ...?
- Ada beberapa kemungkinan masalah ...? ANALITIS
- Apa kemungkinan yang terjadi lainnya? ANALITIS
- Peristiwa apa yang tidak mungkin terjadi?
- Apakah perbedaan antara ... dan …? KOMPARATIF
- Jika ... terjadi, seperti apa akibatnya? KOMPARATIF
- Mengapa ... terjadi perubahan?
- Jelaskan apa yang terjadi jika ...? ANALITIS
- Apa motivasi di balik … itu? ARGUMENTATIF
- Apa masalahnya jika ...?
EVALUASI:
- Seberapa efektifkah ...?
- Apa akibatnya jika ...? Analitis
- Apa pro dan kontra dari ...? Komparatif
- Mengapa hal .... bernilai? Analitis
- Apa saja alternatifnya?
- Bagaimana kamu akan menangani...?
- Apakah ada solusi yang lebih baik untuk ...?
- Bisakah kamu mempertahankan posisi kamu pada ...?
“ … Looks at original objectives, at what was accomplished and how it was accomplished.”
REFLEKASI:
- Dengan cara apa kamu melakukannya secara berbeda?
- Dalam hal apa hasil itu tidak memenuhi standar?
- Jika kamu sebagai …, apa komentarmu?
- Dalam tahapan apa yang perlu ditingkatkan?
- Apa yang Anda pelajari pada bagian ini?
- Apa yang kamu ketahui tentang dirimu dan bagaimana kamu belajar?
MENCIPTAKAN (Creating):
- Solusi apa yang lebih baik untuk...?
- Apa yang akan terjadi jika ...?
- Berapa banyak cara dapat ...?
- Dapatkah kamu merancang ... untuk ...?
- Bisakah kamu membuat kegunaan baru dan khas untuk ...?
- Dapatkah kamu mengembangkan proposal yang akan ...?
- Mengapa kamu tidak memikirkan dengan caramu sendiri?
- Jika kamu dapat akses semua sumber, bagaimana kamu akan memilihnya?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar